BARU! ZF Demokan Aksi Airbag Samping Eksternal Pertama di Dunia
Tepat pada November 2018, ZF menghadirkan teknologi airbag eksternal pertama di dunia, dan sejak saat itu ZF berusaha untuk terus menyempurnakan teknologi tersebut sehingga dapat mencapai tahap produksi. |
Kabar baru-baru ini, untuk pertama kalinya ZF memberikan demonstrasi langsung prototipe untuk sistem airbag samping eksternal pra-tabrakan di Memmingen, Jerman. Menurut perusahaan, tabrakan samping adalah salah satu jenis kecelakaan lalu lintas jalan yang paling berbahaya. Di Jerman sendiri, kecelakaan jenis ini bertanggung jawab atas hampir 700 kematian per tahun, hampir sepertiga dari jumlah kecelakaan yang merenggut nyawa pengendara.
Pemasok suku cadang mobil ini yakin prototipe sistem keselamatan pra-tabrakan yang tengah dikembangkannya dapat membantu menyelamatkan nyawa dan mengurangi keparahan cedera penumpang hingga 40 persen. Itu karena airbag eksternal dikatakan mengurangi penetrasi kendaraan yang menabrak hingga 30 persen.
Prototipe ini menggunakan airbag samping eksternal yang mengembang dalam milidetik sebelum tabrakan untuk memberikan zona peredam tambahan. Untuk membuatnya bekerja, ZF telah menghubungkan airbag ke sistem sensor kendaraan dan mengembangkan algoritma yang mampu menentukan apakah kecelakaan akan segera terjadi dan memutuskan apakah akan menggunakan airbag atau tidak.
Oleh karena itu, tantangan terbesar yang dihadapi ZF ketika mengembangkan sistem ini adalah bagaimana mengenali tabrakan yang tak terhindarkan dan menyebarkan airbag sisi eksternal sebelum tabrakan berlangsung. Sistem ini hanya memiliki sekitar 150 milidetik (kedipan mata) untuk membuat keputusan untuk melepas airbag dan mengembangkannya.
Tantangan lain adalah kenyataan bahwa airbag memiliki kapasitas antara 280 dan 400 liter, atau lima hingga delapan kali volume airbag pengemudi. Itu berarti dibutuhkan lebih banyak waktu untuk mengisinya.
Dengan menggunakan kamera, radar dan lidar yang terhubung, sistem ini dapat mengidentifikasi dampak potensial dengan algoritma dalam perangkat lunak yang memutuskan apakah tabrakan tidak dapat dihindari dan penyebaran airbag dimungkinkan dan bermanfaat. Jika semua keputusan ini terpenuhi, maka sistem menyalakan inflator untuk mengisi airbag yang mengembang ke atas dari ambang samping untuk membentuk zona peredam tambahan di area pintu antara pilar A dan C.
Dalam video yang ditampilkan di bawah ini, airbag eksternal ZF tampaknya berfungsi dengan baik. Tetapi demonstrasi mungkin akan lebih meyakinkan jika perusahaan menggunakan mobil yang sebenarnya sebagai pengganti tiruan yang rapuh.
Posting Komentar untuk "BARU! ZF Demokan Aksi Airbag Samping Eksternal Pertama di Dunia"