Lagi Dirumah Aja, Ini Tips Cuci Sendiri Ruang Mesin Mobil Pakai Alat Sederhana

Daftar Isi
Ilustrasi (Ohayo)
Selama masa pandemi Covid-19 di Indonesia, pemerintah menganjurkan kepada masyarakat untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah. 

Tentu hal tersebut adakalanya timbul rasa bosan. Nah salah satu cara untuk mengusir rasa bosan tersebut adalah dengan kegiatan mencuci ruang mesin pada mobil.

Bagian mesin mobil jarang disentuh pemilik mobil karena banyak risiko dan sulit dijangkau, meskipun sebenarnya bisa menjadi tempat kotoran mengendap.

Namun dilansir dari GridOto.com, sobat bisa mencuci ruang mesin mobil sendiri di rumah dengan peralatan yang cukup sederhana, seperti sikat gigi bekas dan kuas.

"Komponen yang berkaitan dengan kelistrikan ditutup dulu dengan plastik atau kain supaya tidak langsung tersiram air dan korsleting," terang Dennis Emmannuel, pemilik bengkel spesialis MMC 4x4 Pejaten kepada GridOto.com.

Hindari menggunakan semprotan air bertekanan tinggi karena air bisa masuk ke dalam ruang bakar melalui air intake yang bisa merusak mesin.

"Mulai bersihkan dari bagian yang mudah, pinggir ruang mesin lalu kap mesin mobil pakai sabun deterjen atau cuci piring supaya noda lengket bekas oli cepat terangkat," jelas Dennis.

Beranjak dari pinggir ruang mesin, Anda bisa mulai ke area tengah di bagian mesin dengan menyikat celah sempit blok mesin, header knalpot, serta mounting dengan bantuan kuas.

"Kalau bagian kelistrikan tertutup aman, tidak perlu takut untuk menyikat di dekat kabel-kabel karena air tidak akan kena langsung," ujar Dennis.

Setelah proses menyikat Anda bisa bilas dengan cipratan air atau kain basah, kalau menggunakan semprotan air tekanan tinggi jauhkan jarak semprotan agar hanya terkena cipratan air.

"Lap dengan chamois sampai benar-benar kering supaya tidak menjadi flek atau bercak yang biasa muncul di panel karet dan plastik bagian ruang mesin," tutup Dennis.

Posting Komentar