Fungsi Booster Pada Antena TV

Daftar Isi

Halo sobat semuanya. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan dilancarkan segala urusannya dan dimudahkan dalam rezekinya. Aminn...

Nah dikesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Booster pada Antena Tv.

Apa itu Booster TV? 

Booster Antena TV adalah alat yang berfungsi untuk memperkuat penerimaan sinyal oleh televisi UHF.

Biasanya masyarakat menggunakan booster ini untuk mendapat saluran yang beragam dan gambar yang lebih jelas.

Para pengguna alat ini biasanya orang-orang yang tinggal jauh dari stasiun pemancar. Khususnya masyarakat yang tinggal di pelosok desa dimana signal saluran televisi terhalang oleh pegunungan. Baca Juga : Terbaru! Ini Frekuensi Channel TRANS7 HD di Satelit Telkom 4

Mungkin bagi orang-orang yang belum tahu mengenai kegunaan booster ini akan memasang antena tinggi-tinggi.

Bagi masyarakat yang tinggal di daerah pemukiman padat penduduk tentunya akan berbahaya bila musim hujan tiba karena bisa tersambar petir atau bahkan roboh tertiup angin dan membahayakan para tetangga.

Mengapa kita membutuhkan Booster TV?

Bagus tidaknya gambar dan suara dari sebuah TV dalam menerima siran dari stasiun TV dipengaruhi oleh beberapa faktor. Bisa dari lokasi, kualitas TV dan bisa juga dari kualitas antena yang kurang bagus.

Di daerah pelosok yang jauh dari stasiun pemancar atau relay stasiun pemancar biasa menggunakan antena outdoor atau parabola untuk menangkap siaran TV kesayangan.

Karena parabola masih mahal biasanya mereka menggunakan antena outdoor yang ditambah penguat antena yang disebut booster.

Bagaimana jika Antena TV tidak menggunakan Booster? 

Menggunakan antena tanpa boster akan menyebabkan penerimaan kurang maksimal untuk beberapa stasiun yang berjarak cukup jauh dari tempat anda, untuk menguatkan penerimaan sinyal tv tentunya kita harus menggunakan penguat biasanya penguat tv disebut booster TV.


Booster TV berfungsi sebagai penguat dari loss kerugian sinyal yang diterima dari antena melalui kabel coaxial yang terlalu panjang.

Sinyal yang masuk ke antena melalu kabel tersebut adalah sinyal RF yang sangat lemah. Booster sendiri bekerja sebagai penguat sinyal RF dan juga bertindak sebagai selektor frekuensi mana yang digunakan oleh penerima TV (VHF atau UHF). Baca Juga : Cara Menyambung Kabel (Coaxial) Antena TV Outdoor

KArena itu Booster TV biasanya mempunyai 2 keluaran yaitu VHF dan UHF namun sangat tergantung jenis antena yang kita gunakan apakah antena tersebut khusus UHF ataupun untuk VHF.

4 komentar

Comment Author Avatar
31 Oktober 2020 pukul 12.15 Hapus
Apakah bisa satu boster itu untuk 2 tv?
Kalau pake spliter apakah harus pake boster?
Comment Author Avatar
31 Oktober 2020 pukul 13.43 Hapus
1 Boster untuk 2 tv tentu saja bisa.
Comment Author Avatar
Anonim
6 November 2022 pukul 14.15 Hapus
Booster kan ada remot ..remot nya buat apa tu bang
Comment Author Avatar
15 November 2022 pukul 17.42 Hapus
Remot berfungsi untuk memutar arah antena, untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik. Jadi tidak perlu kita memutar tiang antena di luar.