Cara Memperbaiki Motor Matic yang Tiba-tiba Loss Kompresi Saat Perjalanan

Compression loss atau hilangnya kompresi merupakan suatu hal yang mana bocornya tekanan campuran gas antara udara dan bahan bakar itu sendiri, yang terjadi di ruang bakar. 

Jika hal ini terjadi, bisa dipastikan akan susah menghidupkan mesin motor atau malah gak hidup sama sekali.

Gejala loss kompresi biasanya ditandai dengan mesin motor yang tiba-tiba mati dan sulit dihidupkan kembali.

Jika mesin motor mengalami loss kompresi, lakukan beberapa hal berikut ini.

"Pertama buka cop atau kepala busi, kemudian lepas busi," buka Muhammad Faiz, Owner D'Kutic kepada GridOto beberapa waktu yang lalu (12/01/2022).

Memasukan oli ke lubang busi (Motorplus)

Saat perjalanan jauh naik motor sebaiknya siapkan juga oli mesin cadangan.

"Kemudian masukan oli mesin ke ruang bakar melalui lubang busi tadi," ujar Faiz.

Oya, memasukan oli mesin ke ruang bakar melalui lubang busi ada tujuannya.

"Supaya ring piston yang tadinya macet dan jadi penyebab loss kompresi dapat kembali mekar," jelas Faiz.

"Sehingga kompresi mesin motor kembali normal," tambahnya.

Setelah itu, coba hidupkan mesin motor kembali.

Jika motor kalian masih ada kick starter atau engkol, disarankan untuk gunakan engkol untuk menghidupkannya kembali.

Untuk sekadar informasi, salah satu penyebab mesin motor loss kompresi adalah ring piston yang macet.

Penyebabnya bisa dari area sekitar dinding piston terdapat banyak kerak.

Setelah mesin bisa hidup biasanya dari knalpot akan keluar banyak asap.

"Namun enggak usah khawatir, asap itu merupakan oli mesin yang sebelumnya dimasukan ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar," tutupnya saat ditemui di Jalan Kabel No.2, Beji, Depok.

Nah, itu tadi pertolongan pertama motor yang loss kompresi dikala perjalanan jauh.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Motor Matic yang Tiba-tiba Loss Kompresi Saat Perjalanan"