8 Jenis Kabel Listrik yang Bagus Untuk Keperluan Instalasi Rumah


Agar dapat mengalirkan daya listrik pada berbagai perangkat elektronik yang kita gunakan, listrik membutuhkan kabel yang terhubung melalui stop kontak. Nah, biasanya kabel yang digunakan untuk mengalirkan listrik akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap penggunanya. 

Beberapa jenis kabel listrik yang cocok untuk instalasi rumah cenderung lebih sederhana dibanding jenis kabel lainnya. Nah, jika sobat sedang mencari kabel listrik untuk rumah, berikut beberapa tipe kabel listrik bagus yang bisa sobat gunakan untuk instalasi listrik di rumah:

8 Jenis Kabel Listrik Bagus untuk Keperluan Instalasi Listrik Rumah

1. KABEL NYA

N: Kabel inti tembaga.

Y: Isolasi PVC.

A: Kabel tunggal.

Kabel NYA adalah jenis kabel listrik yang paling banyak digunakan dalam instalasi rumah tangga. Berdasarkan kodenya, kabel NYA merupakan kabel tunggal dengan inti tembaga yang dilapisi bahan PVC. 

Karena hanya memiliki satu lapisan saja, sangat disarankan untuk memakai pipa tambahan agar kabel tetap aman dari elemen luar seperti suhu ruang dan gigitan tikus.

2. KABEL NYAF

N: Kabel inti tembaga.

Y: Isolasi PVC.

A: Kabel tunggal.

F: Konduktor kawat halus (serat).

Sama seperti kabel NYA, kabel NYAF merupakan kabel tunggal yang dilapisi bahan PVC, namun bedanya memiliki inti tembaga yang berbentuk serat halus. 

Karenanya, tipe kabel listrik ini cocok untuk berbagai jenis instalasi rumah yang memerlukan fleksibilitas tinggi seperti sudut tajam.

3. KABEL NYM (HYO)

N: Kabel inti tembaga.

Y: Isolasi PVC.

M: Lebih dari satu inti kabel.

Kabel listrik NYM adalah jenis kabel tembaga yang terdiri dari dua, tiga, atau empat inti, dan dilengkapi dengan lapisan PVC. 

Kabel jenis ini dikenal dengan sebutan kabel HYO dan banyak digunakan untuk berbagai instalasi rumah maupun gedung, namun tidak cocok untuk pemasangan di bawah sinar matahari langsung tanpa perlindungan tambahan.

4. KABEL NYY

N: Kabel inti tembaga.

Y: Isolasi PVC.

Y: Isolasi luar PVC.

Sama seperti kodenya, kabel NYY merupakan jenis kabel listrik yang memiliki dua lapisan PVC, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan indoor maupun outdoor dan aman untuk ditanam ke dalam tanah, dengan catatan menggunakan pelindung tambahan. 

Kabel NYY juga tersedia dalam bentuk inti tunggal atau lebih dari satu inti dan bisa disesuikan dengan kebutuhan penggunanya.

5. KABEL NYMHY

N: Kabel inti tembaga.

Y: Isolasi PVC.

M: Lebih dari satu inti kabel.

H: Kabel fleksibel (serat).

Y: Isolasi luar PVC.

Kabel listrik NYMHY merupakan tipe kabel listrik yang teridiri lebih dari satu inti tembaga serabut, sehingga memiliki fleksibilitas yang tinggi. 

Oleh karena itu banya yang menggunakan kabel NYMHY sebagai kabel untuk instalasi listrik di rumah maupun gedung dan bangunan lainnya.

6. KABEL NYYHY

N = Kabel inti tembaga.

Y = Isolasi PVC.

Y = Isolasi PVC.

H = Kabel fleksibel (serabut).

Y = Selubung luar isolasi PVC.

Kabel NYYHY adalah jenis kabel listrik serbaguna yang biasa digunakan dalam instalasi listrik rumah tangga, komersial, dan industri. 

Fungsi utama kabel NYYHY adalah sebagai penghantar daya listrik, termasuk penghantar fasa, netral, dan grounding. 

Kabel ini memiliki isolasi yang kuat dan dilengkapi dengan lapisan pelindung tambahan, yang memberikan perlindungan ekstra terhadap kerusakan fisik dan interferensi elektromagnetik.

7. KABEL H03VVH2-F

Kabel H03VVH2-F atau kabel oval adalah kabel serbaguna yang sering digunakan untuk aplikasi elektronik dan kelistrikan ringan. 

Fungsi utamanya adalah sebagai kabel daya fleksibel untuk perangkat rumah tangga seperti lampu, peralatan audio, dan peralatan elektronik kecil. 

Kabel ini biasanya memiliki konduktor tembaga fleksibel yang dilindungi oleh isolasi PVC dan lapisan luar yang tahan terhadap abrasi.

8. KABEL H03VV-F (NYMHY-1)

Kabel H03VV-F atau kabel NYMHY-1 juga digunakan sebagai kabel daya fleksibel untuk perangkat rumah tangga dan aplikasi ringan.

Fungsi utama kabel ini adalah sebagai penghubung untuk peralatan seperti lampu, perangkat audio, dan peralatan elektronik. 

Kabel H03VV-F memiliki konduktor tembaga yang fleksibel dengan isolasi PVC, memberikan fleksibilitas dan perlindungan terhadap tegangan rendah serta tahan terhadap abrasi.

Posting Komentar untuk "8 Jenis Kabel Listrik yang Bagus Untuk Keperluan Instalasi Rumah"