Honda Beat Fi Tidak Bisa Distarter, Ternyata Hal Ini Penyebabnya

Salah satu masalah umum yang sering dialami oleh pengendara motor Honda Beat adalah Honda Beat tidak bisa distarter. Ketika menekan tuas starter dan tidak ada respons dari mesin, dan hanya bunyi "cetek-cetek" itu bisa menjadi pengalaman yang sangat menjengkelkan, terutama jika sedang terburu-buru seperti hari kemarin yang saya alami.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab masalah dan cara mengatasi agar motor Honda Beat dapat kembali berfungsi dengan baik.

Honda Beat sendiri merupakan salah satu sepeda motor paling populer di Indonesia dan telah menjadi pilihan favorit bagi banyak orang di Indonesia karena memiliki fitur yang praktis dan harga yang terjangkau.

Pada tahun 2020 saja, Honda melaporkan bahwa mereka telah berhasil menjual lebih dari 20 juta unit Honda Beat di Indonesia. Angka tersebut menunjukkan betapa populer Honda Beat di Indonesia dan seberapa besar dampaknya terhadap pasar sepeda motor di negara ini.

Penyebab Motor Beat Tidak Bisa Distarter

Jika sobat saat ini sedang mengalami masalah motor beat tidak bisa distarter, maka pertama-tama Anda harus mencari apa penyebabnya.

Ada beberapa penyebab motor Honda Beat tidak dapat distarter, di antaranya dijelaskan berikut ini;

1. Aki lemah atau habis

Aki yang lemah atau habis bisa menjadi penyebab motor tidak dapat distarter. 

2. Starter rusak

Jika starter motor rusak, maka motor tidak akan dapat distarter. 

3. Kabel starter putus atau kendor

Kabel starter yang putus atau kendor dapat menghambat putaran mesin saat starter ditekan. 

4. Saklar starter rusak

Saklar starter yang rusak dapat menyebabkan motor tidak dapat distarter.

5. Arang-arang Dinamo stater 

Arang-arang Dinamo stater yang sudah habis menyebabkan dinamo mesin sulit distarter karena tidak adanya Arang-arang.

Cara Mengatasi Motor Beat Tidak Bisa Distarter

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah motor Beat tidak bisa distarter, tergantung pada penyebab masalahnya. Berikut ini beberapa cara yang bisa sobat lakukan:

1. Cek aki

Pastikan aki motor dalam kondisi yang baik dan penuh daya. Jika aki lemah atau habis, cas aki terlebih dahulu atau ganti dengan yang baru. Link Shopee nya disini 

2. Periksa kabel starter

Pastikan kabel starter terpasang dengan benar dan tidak putus atau kendor. Jika kabel starter rusak, ganti dengan yang baru.

3. Periksa saklar starter

Periksa saklar starter dan pastikan tidak ada kerusakan. Jika saklar starter rusak, ganti dengan yang baru.

4. Periksa Arang-arang dinamo stater

Periksa Arang-arang dinamo stater apabila sudah tidak layak segera lakukan penggantian. Harga sparepart Arang-arang dinamo stater ini juga cukup terjangkau. Link Shopee nya disini 

Jika Anda tidak dapat menemukan penyebab masalah, sebaiknya membawa motor ke bengkel terdekat untuk diperiksa lebih lanjut oleh mekanik yang berpengalaman. 

Dalam beberapa kasus, masalah motor yang tidak dapat distarter bisa menjadi masalah yang lebih serius dan membutuhkan penanganan yang lebih cermat.

Posting Komentar untuk "Honda Beat Fi Tidak Bisa Distarter, Ternyata Hal Ini Penyebabnya "