Ini Ciri Desain Futuristik, Desain Interior di Masa Depan!


Hunian yang nyaman untuk ditempati tentunya harus di desain dengan sebaik mungkin. Namun terkadang Gaya desain yang itu itu saja membuat bosan dan tidak puas dengan hasilnya. Mungkin ini adalah saat yang tepat untuk move on dari gaya desain masa kini dan mencoba gaya desain futuristik, gaya desain di masa depan.

Gaya desain futuristik akan menawarkan tampilan baru yang tidak biasa ke dalam hunian, mulai dari struktur bangunan, bentuk furnitur, sampai atmosfer yang dihadirkan sangat berbeda dengan gaya desain interior pada umumnya. Walaupun sebenarnya gaya desain futuristik sendiri adalah hasil modifikasi tingkat tinggi dari beberapa gaya desain yang populer saat ini.

Penasaran secanggih dan se-progresif apa gaya desain futuristik? Lanjut simak penjelasan berikut ini yang dilansir dari dekoruma.com !

1. Minimalis yang Berkelas


designboom.com
Desain futuristik masih banyak mengadopsi prinsip-prinsip desain minimalis. Dalam pengisian ruangnya, ruangan bergaya desain futuristik tidak banyak menggunakan benda-benda dekorasi.

Bentuk furnitur yang dipilih pun desainnya simpel dan hanya menggunakan furnitur esensial, furnitur yang paling diperlukan di ruangan tersebut. Desain interior futuristik juga tidak memakai banyak aksen dekor dan ornamen.

2. Bentuk Lengkungan yang Dominan


houzz.com
Dalam desain futuristik bentuk-bentuk yang dapat ditemukan sangatlah bervariasi. Meskipun pola dan bentuk geometris masih bisa ditemukan. Namun secara keseluruhan, bentuk yang mendominasi desain futuristik adalah bentuk-bentuk lengkungan atau modular. Hal ini dapat terlihat dari bentuk furnitur dan struktur bangunan di dalam ruangan berkonsep desain futuristik tersebut.

3. Perpaduan Dua Warna yang Menghasilkan Kontras

Warna-warna yang digunakan pada konsep desain futuristik biasanya merupakan kombinasi antara dua warna, dengan warna netral dan silver sebagai warna utamanya, seperti perpaduan warna putih dengan warna-warna terang yang mencolok.

houzz.com
Kombinasi dan perpaduan warna ini dilakukan untuk menciptakan kesan kontras pada desain futuristik. Dalam dominasi putih, warna-warna terang bisa tampil lebih solid dan terasa hidup.

4. Penggunaan Lampu LED untuk Pencahayaan Desain Futuristik

Pencahayaan menjadi faktor penting dalam konsep desain futuristik. Tidak seperti pencahayaan pada konsep desain yang lain, pencahayaan pada desain futuristik khas dengan lampu LED. Lampu LED yang digunakan pun menghasilkan cahaya warna-warni dan dapat diatur intensitasnya.

pinterest.com
Penempatan lampu LED pada ruangan dengan konsep desain futuristik dipasang tersembunyi, di belakang dinding dan di pinggir-pinggir furnitur, agar efek cahaya yang muncul bisa terlihat memancar.

5. Furnitur Dengan Desain Multifungsi

reshome.com
Furnitur yang multifungsi dan movable juga digunakan karena penggunaan furnitur seperti ini beriringan dengan karakter gaya desain futuristik yang praktis dan fleksibel.
6. Penggunaan Meterial Bertekstur Licin dan Mengkilap

Dalam konsep desain futuristik pilihan material yang digunakan sangat penting. Kesan elegan yang muncul pada desain futuristik berasal dari penggunaan material bertekstur licin dan mengkilap.

houzz.com
Material-material  tersebut diantaranya adalah stainless steel, jenis-jenis kaca, batu granit, dan marmer. Refleksi cahaya dari material ini dapat menghasilkan atmosfer yang berbeda ke dalam ruangan.

8. Teknologi Hi-Tech yang Memanjakan

Bukan desain futuristik namanya kalau tidak dilengkapi dengan sistem teknologi yang padu dan canggih. Pada hunian yang menerapkan desain futuristik, sistem pencahayaan dan alat-alat elektronik sudah bisa dikendalikan langsung dari telepon genggam. Dengan sistem nirkabel ini, intensitas pencahayaan dan perubahan warna pada lampu LED bisa dengan mudah diatur.

smalldesignideas.com
Bagaimana, apa kamu jadi tertarik menerapkan gaya desain futuristik ini ke dalam hunian milikmu? 

Posting Komentar untuk "Ini Ciri Desain Futuristik, Desain Interior di Masa Depan!"