Mengenal Blind Spot Kendaraan, Dapat Mengurangi Risiko Kecelakaan

Daftar Isi
Foto : ILLUSTRATION /JOHN RITTER
Pernah enggak sobat mendengar atau melihat tulisan pada kendaraan yakni blind spot. Nah, ternyata salah satu penyebab terjadinya kecelakaan adalah karena blind spot pada kendaraan. Lalu apasih sebenarya blin spot itu ? berikut dibawah ini penjelasannya!

Dikutip dari CNN Indonesia pada Selasa (30/7/2019). blind spot adalah area tidak terlihat pengemudi, yang merupakan kelemahan dasar pada saat berkendara. Oleh sebab itu, pengemudi wajib mengerti cara mengatasi dan mengantisipasi blind spot dengan memanfaatkan seluruh fitur yang ada pada kendaraan.

Blind spot dipercaya sebagai salah satu faktor utama penyebab kecelakaan. Perlu dipahami, semakin besar kendaraan berarti area blind spot pun semakin besar.

"Blind spot merupakan penyebab dominan kecelakaan fatal di Indonesia, hal ini terjadi dikarenakan pengendara tidak dapat melihat dengan jelas kendaraan lain pada beberapa sisi kendaraan, dibutuhkan perhatian dan fokus yang lebih untuk menghindari keadaan ini," jelas Budi Mahendra selaku Executive Coordinator CSVC Division PT Astra Daihatsu Motor.

Oleh sebab itu perlu untuk melakukan tiga poin saran dari Daihatsu ini, demi mengurangi risiko terjadinya tabrakan akibat blind spot:

1. Posisikan kaca spion kendaraan semaksimal mungkin sejajar dengan bodi kendaraan, dan fokuskan ke luar dari kendaraan.

2. Menggunakan spion standar pabrikan, karena sudah didesain khusus dan teruji.

3. Ketika akan mendahului kendaraan lain, gunakan lampu sein, perhatikan spion dan wajib untuk memastikan sisi tersebut aman untuk mendahului.

Nah, gimana nih sudah tau kan sekarang?

Posting Komentar